Melayani Masyarakat Secara Terus – Pentingnya Kewaspadaan Online

by -123 Views

JAKARTA, Waspada.co.id – Polda Sumut berhasil meraih penghargaan Kompolnas Awards 2024 sebagai polda tipe A terbaik yang ada di Indonesia, Rabu (17/7) malam.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo kepada Kapolda Sumut Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi di Jakarta.

“Alhamdulillah, kami Polda Sumut bangga telah memberikan yang terbaik untuk menjaga, melindungi, melayani, dan mengayomi seluruh masyarakat Sumatera Utara,” ujar Kapolda Sumut, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, usai menerima penghargaan Kompolnas Awards 2024.

Dalam penilaiannya, Kompolnas Award 2024 ini dibagi dalam 4 kriteria, antara lain Satker Mabes, serta Polda, Polres, dan Polsek masing-masing dibagi dalam kategori A dan B. Pembagian A dan B ini didasarkan pada proporsi jumlah personel Polri di wilayah, jumlah penduduk, dan alokasi anggaran.

Agung menjelaskan, Polda Sumut termasuk dalam kategori A bersama 15 polda lainnya, antara lain Polda Metro Jaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Riau, Aceh, Lampung, Banten, DI Yogyakarta, Kaltim, Kalbar, dan Sulut.

“Polda Sumut menjadi pemenang terbaik dari seluruh polda tipe A yang ada di Indonesia meraih penghargaan Kompolnas Awards tahun 2024 dengan nilai tertinggi dengan skor 70,75,” ujarnya.

“Disusul oleh Polda Jawa Timur 70,58 dan Jawa Tengah 69,05. Keberhasilan ini mengulang dan mempertahankan capaian tahun 2023 silam meraih penghargaan terbaik dari Kompolnas Awards. Pada tahun 2022, Polda Sumut menjadi nominasi kedua terbaik,” kata jenderal bintang tiga tersebut.

Tidak hanya itu, Polres Tanah Karo juga masuk dalam 5 besar nominasi Polres Terbaik untuk kriteria Polda Kategori A bersama Polres Jember, Jembrana, Pati, dan Singkawang. Ada beberapa hal yang berbeda dan menjadi pertimbangan tim penilai dalam menetapkan Polda Sumut menjadi terbaik dan meraih Kompolnas Awards 2024.

Agung juga mengungkapkan bahwa Polda Sumut mendukung dan mempersiapkan diri dalam pengamanan program prioritas pemerintah seperti PON XXI, Pilkada, Aquabike Championship, dan pengamanan di destinasi wisata prioritas.

Pada Pemilu 2024, juga berlangsung aman dan damai di Sumut. Ini terbukti dari kelancaran logistik pemilu tanpa adanya kerusuhan selama kampanye serta keberhasilan dalam mengungkap tindak pidana pemerasan dan korupsi terkait pemilu.

“Terbaru, Polda Sumut cepat dan tanggap dalam mengungkap kasus yang menjadi perhatian masyarakat terkait pembakaran rumah wartawan di Tanah Karo yang menewaskan empat orang. Pengungkapan dan penangkapan tersangka diselesaikan dalam waktu 2 pekan, tiga tersangka sudah ditangkap,” jelasnya.

Selama tahun 2024, kata Agung Setya, terjadi peningkatan kinerja Polda Sumut dalam pelayanan publik, dan inovasi. Indeks penanganan Surat Keluhan Masyarakat (SKM) meningkat dari 93,3 persen atau 14 dari 15 menjadi 100 persen. Selain itu, Indeks kinerja operasional satuan wilayah dan KRYD juga meningkat dari 66,67 persen atau 10 dari 15 menjadi 100 persen.

Peningkatan kinerja juga terjadi pada indeks manajemen media dari 60 persen menjadi 100 persen, diikuti oleh indeks kinerja pengamanan pemilu dari 66,67 persen atau 10 dari 15 menjadi 100 persen.

Sementara itu, Ketua Umum Pelaksana Kompolnas Award 2024, Pudji Hartanto Iskandar, menjelaskan bahwa Kompolnas Awards 2024 menilai inovasi dan kinerja seluruh satuan kerja (satker) di Mabes Polri dan satuan wilayah (satwil) di seluruh Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh masing-masing satker serta satwil. Bagi pemenang Kompolnas Awards 2024, mereka merupakan contoh kinerja terbaik,” pungkasnya. (wol/lvz/d2)

Editor AGUS UTAMA