Rakyat Perlu Sadar dan Terlibat Aktif Sebagai Pemilih yang Bijak – Waspada Online

by -11 Views

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sumut telah melaksanakan acara pendidikan politik untuk masyarakat di 4 kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Keempat kabupaten/kota tersebut adalah Kabupaten Karo, Kota Tanjungbalai, Simalungun, dan Kota Medan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengajak masyarakat memperkuat demokrasi dan meningkatkan pemahaman mengenai hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol Sumut, Prama Jhon Sembiring, mengatakan acara ini bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan pada November 2024.

“Ideally, rakyat dapat berpartisipasi aktif dan menjadi pemilih yang cerdas dalam Pemilukada untuk memilih pemimpin yang melayani rakyat,” ujarnya pada Selasa (22/10).

Acara ini dihadiri oleh narasumber dan pembicara dari akademisi Universitas Sumatera Utara dan Universitas Negeri Medan, seperti Roy Fachraby Ginting dan Dr. Bakhrul Khair Amal.

Roy Fachraby Ginting sebagai dosen Universitas Sumatera Utara menyampaikan tiga langkah penting dalam mendidik pemilih dengan meningkatkan kesadaran politik melalui kampanye yang memberikan informasi tentang hak dan kewajiban pemilih.

Selain itu, penting untuk memperkenalkan calon pemimpin daerah dan program-program yang mereka tawarkan kepada masyarakat serta mendorong partisipasi aktif pemilih, mulai dari pemilihan hingga pengawasan proses Pilkada.

Roy juga menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam Pilkada yang membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), tokoh masyarakat, dan masyarakat sipil.

“Apabila semua pihak dapat bekerja sama, kita dapat menciptakan Pilkada yang sehat dan menghasilkan pemimpin yang representatif,” pungkasnya. (wol/lvz/d2)

Editor: AGUS UTAMA