Pembahasan tentang Siapnya Satu Nama Cawapres Prabowo akan Dilakukan Sore Ini

by -125 Views

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto telah menentukan satu nama pendampingnya untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. Zulhas mengatakan bahwa para ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah mengusulkan tiga nama calon wakil presiden kepada Prabowo, dan Prabowo telah memilih satu nama dari usulan tersebut.

“Beliau telah menentukan. Ada yang diterima dan ada yang ditolak. Jadi sebenarnya partai-partai dalam KIM sudah memiliki nama yang disimpan oleh Pak Prabowo,” kata Zulhas setelah menerima Prabowo di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Pusat, Jumat (20/10) malam.

Namun, Zulhas mengatakan bahwa mereka masih menunggu perkembangan politik sebelum mengumumkan siapa pendamping Prabowo. Zulhas mengatakan bahwa dalam waktu dekat, pendamping Prabowo akan diumumkan.

“Ya nanti dalam satu atau dua hari ini (pengumuman) akan dibahas lebih lanjut,” jelasnya.

Zulhas tidak membantah bahwa pertemuan petinggi partai KIM di rumahnya membahas calon wakil presiden. Dia menyambut kepulangannya dari China dan Arab Saudi setelah melakukan perjalanan dinas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, Zulhas enggan menyebutkan identitas calon wakil presiden tersebut, meskipun disebut-sebut putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon kandidat terkuat. “Bukan wewenang saya untuk mengungkapkannya,” katanya.

Ketika ditanya mengenai kabar bahwa KIM akan mengumumkan calon wakil presiden pada Sabtu (21/10), Zulhas merespons dengan tidak pasti. “Semua bisa terjadi. Minggu ini, satu, dua, tiga hari lagi akan dibahas,” ucapnya.

Lebih lanjut, Zulhas menjelaskan bahwa partai-partai peserta KIM berencana untuk membahas calon wakil presiden Prabowo lebih lanjut pada Sabtu (21/10) sore. Keputusan mengenai calon wakil presiden Prabowo akan ditentukan melalui musyawarah.

“Tentu perkembangan politik sangat cepat, jadi itulah yang kita diskusikan tadi, karena sudah beberapa hari tidak bertemu, akan dilanjutkan besok (Sabtu, 21/10) sore,” katanya.

Sementara itu, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) enggan memberikan komentar mengenai pertemuan dengan Prabowo dan Zulhas. Dia hanya meminta wartawan untuk bersabar menunggu. “Besok ya (Sabtu, 21/10), terima kasih,” ujar dia pada Jumat malam.