Polda Metro Jaya Menggelar Operasi Zebra Jaya 2024 Menjelang Pelantikan Presiden

by -454 Views

Jakarta, Waspada.co.id – Direktorat (Dit) Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengadakan Operasi Zebra Jaya 2024 selama dua minggu dimulai sejak Senin 14-27 Oktober 2024 mendatang.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, mengatakan pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2024 dilakukan menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden serta untuk menertibkan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Melalui Ops Zebra Jaya 2024, kami ingin mendukung kesuksesan pelantikan presiden/wakil presiden terpilih dan mengajak masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas guna menciptakan keselamatan dan kenyamanan berkendara,” kata Latif pada Sabtu (12/10).

Latif menyebutkan, dalam Operasi Zebra Jaya 2024 selama dua minggu tersebut, terdapat 14 jenis pelanggaran yang menjadi target. Antara lain, penggunaan rotator dan sirine yang tidak sesuai peruntukan, kendaraan bermotor menggunakan plat rahasia/plat dinas, pengemudi di bawah umur, kendaraan melanggar arah, mengemudi dalam pengaruh alkohol, menggunakan HP saat berkendara, tidak menggunakan sabuk keselamatan, melebihi batas kecepatan.

Selain itu, pelanggaran juga terkait dengan sepeda motor berboncengan lebih dari satu, kendaraan roda empat atau lebih yang tidak layak jalan, kendaraan tidak dilengkapi perlengkapan standar, kendaraan tanpa STNK, melanggar marka jalan/bahu jalan, dan penyalahgunaan TNKB Diplomatik.