Ibas Memberikan Pesan Pasca Pengambilan Sumpah Ketua MA – Waspada Online

by -10 Views

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Ketua MPR RI dari Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, menyatakan bahwa Ketua Mahkamah Agung harus menjadi contoh bagi pencari keadilan ‘Justice Seeker’ dan berpihak pada kebenaran dan keadilan untuk rakyat, bangsa, dan negara ‘Justice for All’.

Hal ini disampaikan oleh Ibas ketika hadir di Istana Negara, Jakarta untuk menghadiri pengambilan sumpah Prof Sunarto sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA), Selasa (22/10). Selain memberikan ucapan selamat, Ibas juga berharap agar pemimpin MA yang baru dapat melanjutkan kepemimpinan dengan baik.

“Saya mengucapkan selamat, tetap amanah, dan sukses dalam memberikan contoh lanjutan bagi kepemimpinan di MA. Prof Sunarto diharapkan akan terus menjadi pemimpin yang berintegritas, mengayomi pencari keadilan ‘Justice Seeker’, dan mendukung insan peradilan di seluruh Indonesia,” ungkap Ibas.

Ibas juga berharap agar pemimpin MA yang baru dapat sukses dalam memimpin dan bertindak secara independen.

“Kami juga berharap agar kepemimpinan MA dapat menjadi teladan yang membawa kebaikan, tidak hanya sebagai pemimpin dan lembaga peradilan di Indonesia, tetapi juga berperilaku profesional, independen, bebas dari intervensi, dan berpihak pada kebenaran dan keadilan ‘Justice for All’,” lanjutnya.

Pengambilan Sumpah Ketua MA untuk periode 2024-2029 juga disaksikan oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Hakim Agung Sunarto secara resmi terpilih sebagai Ketua MA menggantikan Muhammad Syarifuddin.

Di hadapan Presiden, Wakil Presiden, dan tamu undangan, Prof Sunarto mengucapkan sumpah jabatannya.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Yang Mulia Ketua MA Prof Sunarto. (wol/republika/mrz/d2)