DPRD Sumut Menetapkan 9 Fraksi dan 4 Pimpinan Dewan secara Paripurna – Waspada Online

by -462 Views

MEDAN, Waspada.co.id – DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengadakan rapat paripurna untuk menetapkan struktur fraksi selama periode jabatan tahun 2024-2029. Sebanyak sembilan fraksi telah ditetapkan dalam rapat paripurna tersebut.

Ketua Sementara DPRD Sumut, Muhammad Rahmaddian Shah menyatakan bahwa sembilan fraksi yang telah ditetapkan tersebut terdiri dari anggota-anggota dari 11 partai yang memenangkan kursi di DPRD Sumut.

Selain itu, Wakil Ketua yang terpilih juga telah ditetapkan untuk disahkan. Keempat Wakil Ketua DPRD yang terpilih adalah Sutarto (PDI-Perjuangan), Ihwan Ritonga (Gerindra), Ricky Anthony (Nasdem), Salman Alfarisi (PKS).

“Rapat paripurna tadi menetapkan fraksi-fraksi yang ada di DPRD Sumut, ada 9 fraksi dan juga menetapkan pimpinan definitif DPRD Sumut untuk periode 2024-2029,” kata Rahmaddian.

Sementara untuk posisi Ketua DPRD Sumut, partai Golkar yang memiliki kursi terbanyak belum memutuskan siapa yang akan menjadi Ketua DPRD Sumut.

“Posisi Ketua masih belum diputuskan, masih menunggu surat dari DPP Golkar. Mungkin secepatnya, setelah surat dari DPP keluar, kita akan mengadakan rapat paripurna lagi untuk pengumuman,” ungkapnya.

“Harapannya hari ini fraksi sudah terbentuk dan sebentar lagi pimpinan DPRD Sumut juga terbentuk, sehingga kita bisa maksimalkan kerja DPRD untuk membangun Sumut yang lebih baik,” harapnya.

Secara khusus, fraksi Demokrat akan diwakili oleh Politisi PPP, Sugiatik, karena PPP hanya memiliki satu kursi di DPRD Sumut. Hal yang sama berlaku untuk Makmur Marpaung dari Perindo yang harus bergabung dengan fraksi Persatuan Kebangkitan Bangsa.

Berikut adalah daftar fraksi DPRD Sumut beserta susunan anggotanya:

FRAKSI PARTAI GOLKAR
Penasehat: 1. Muhammad Rahmaddian Shah, 2. Edi Surahman Sinuraya, Ketua: H. Aswin, Wakil Ketua: H. Syamsul Qamar, Timbul Jaya Hamonangan Sibarani, Sekretaris: Muhammad Ziad Ananta, Wakil Sekretaris: Frans Dante Ginting, Bendahara: Palacheta Subies Subianto, Wakil Bendahara: Mikail T Parlindungan Purba, Anggota: 1. Irham Buana Nasution, 2. H. Wagirin Arman, 3. H. Dhody Thahir, 4. Hj. Chairunnisa B, 5. Erni Ariyanti, 6. H. Abdi Santosa Ritonga, 7. Derliana Siregar, 8. Megawati Zebua, 9. Viktor Silaen, 10. Manaek Hutasoit, 11. Darma Putra Rangkuti, 12. Dasa Marolop Sinaga, 13. H.M. Yusuf

FRAKSI PDI PERJUANGAN
Penasehat: Sutarto, Ketua: Mangapul Purba, Wakil Ketua: Delpin Barus, Sekretaris: Hasyim, Bendahara: Meriahta Sitepu, Anggota: 1. Landen Marbun, 2. Meryl Rouli Saragih, 3. Dameria Pangaribuan, 4. Ir. Henry Dumanter, 5. Teyza Cimira Tisya, 6. Darnedy Kurnia Santi, 7. H. Syahrul Ependi Siregar, 8. Yustina Repi, 9. Paltak Siburian, 10. Dra. Sorta Ertaty Siahaan, 11. Pantur Banjarnahor, 12. Franky Partogi Wijaya Sirait, 13. Alfriyansyah Ujung, 14. Sumihar Sagala, 15. Jonatan Tarigan