Konser Sheila On 7 di Medan Menggunakan Sertifikat Energi Terbarukan – Waspada Online

by -68 Views

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara secara resmi mempersembahkan listrik hijau sepenuhnya dalam konser Sheila On 7 (SO7) Special Tour 2024 yang diselenggarakan di Lapangan Udara Soewondo Medan.

Konser ini menggunakan layanan sertifikat energi terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC) sebesar 105 Mega Watt Hour (MWh).

Kolaborasi antara PLN UID Sumatera Utara dengan promotor Antara Suara dan Gold Live Indonesia dalam menyediakan layanan REC menjadikan konser Sheila On 7 (SO7) Special Tour 2024 sebagai konser perdana di Kota Medan yang menggunakan layanan REC PLN. Penyerahan REC PLN dilakukan setelah konser berlangsung (15/9).

General Manager PLN UID Sumatera Utara, Saleh Siswanto, menyatakan bahwa REC merupakan langkah untuk mengurangi emisi karbon dalam sektor pariwisata. Keikutsertaan dalam program ini merupakan bagian dari upaya mencapai target pengurangan emisi karbon menuju Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060.

“PLN berperan dalam upaya mengurangi emisi dengan mendorong penggunaan energi ramah lingkungan,” kata Saleh pada Senin (16/9).

REC adalah bentuk layanan PLN untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan pengakuan internasional atas penggunaan energi baru terbarukan (EBT) yang transparan, akuntabel, dan diakui secara global. Setiap sertifikat REC membuktikan bahwa listrik per megawatt hour (MWh) yang digunakan berasal dari pembangkit EBT atau nonfosil.

Saleh juga memberikan apresiasi kepada promotor Antara Suara dan Gold Live Indonesia atas keikutsertaannya dalam menggunakan energi bersih. Konser Sheila On 7 (SO7) menjadi konser musik pertama di Kota Medan yang menggunakan 100% energi bersih.

“Salah satu manfaat dari REC adalah mendapatkan pengakuan internasional atas penggunaan energi terbarukan. Hal ini sesuai dengan pencapaian bauran EBT Sumatera Utara yang mencapai 43,7% dan dapat menjadi motivasi bagi panitia acara lainnya untuk menggunakan energi ramah lingkungan,” tambah Saleh.

Saleh juga mengungkapkan bahwa konsumsi daya untuk konser Sheila On 7 (SO7) Special Tour 2024 adalah sebesar 105 Mega Watt hour (MWh). Dia berharap konser ini dapat menjadi contoh bagi promotor lainnya untuk mengadopsi REC dari PLN sebagai komitmen terhadap penggunaan energi bersih.

Ketua panitia konser Sheila On 7 (SO7) Special Tour 2024, Rastiaka Ratu Dwaraditra, mendukung penggunaan listrik yang lebih bersih dalam konser. Visi dan misi ini sejalan dengan program pemerintah dalam mengurangi emisi.

“Konser Sheila On 7 (SO7) Special Tour 2024 telah resmi menggunakan REC untuk listriknya berasal dari EBT. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kawasan pariwisata yang ramah lingkungan dan mendukung program pemerintah dalam pengurangan emisi,” tutupnya.