Apakah Yamaha NMax 2023 Masih Layak Dibeli Meskipun Yamaha NMax Turbo Sedang Booming? – Penilaian Online

by -85 Views

Jakarta, Waspada.co.id – Pabrikan motor Yamaha selalu memberikan kejutan kepada kompetitornya dengan terobosan dan teknologi terbaru. Belum lama Yamaha menghadirkan fitur Y-Connected yang belum ada di motor mana pun, kini Yamaha menghadirkan teknologi baru dalam transmisi otomatisnya.

Hal ini tentunya membuat para kompetitornya ketinggalan jauh terkait dengan teknologi dan fitur yang ditanamkan. Hal ini dapat dilihat dari diluncurkannya Yamaha Nmax Turbo yang membuat banyak orang terkejut dan menarik masyarakat Indonesia.

Meski demikian, apakah teknologi tersebut bisa berdampak pada motor-motor produksi sebelumnya? Seperti diketahui PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia (TIMM) saat ini tengah gencar mempromosikan Yamaha Nmax generasi terbaru, yakni varian Turbo.

Varian ini memiliki sistem Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) yang lebih canggih dari CVT konvensional, Keberadaan Nmax generasi lama, tepatnya varian Nmax 2023 pun semakin tenggelam popularitasnya.

Sebelumnya motor ini sebagai jawaban dari tantangan Honda yang meluncurkan Honda ADV, Vario 160 hingga PCX 160, pada kelas motor bongsor. Bahkan dikabarkan Yamaha juga sudah tidak memproduksi Nmax lawas lagi dan mereka hanya menghasilkan stok yang masih tersisa di dealer.

Meski demikian, Nmax lawas ini ternyata masih banyak dicari mengingat harganya sedikit lebih murah dari varian Turbo. Nah, agar tidak penasaran, dilansir dari berbagai sumber berikut spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Yamaha Nmax generasi 2023.

Kelebihan Yamaha Nmax 2023

Yamaha Nmax 2023 diluncurkan pabrikan asal Jepang pada Januari 2023 silam. Motor dengan mesin 155cc ini hadir dengan varian warna baru yang memanjakan konsumen. Warna baru pada generasi 2023 yakni Metallic Blue yang menggantikan warna Matte Blue pada generasi sebelumnya. Sementara varian warna yang bertahan yakni Maxi Signature Black, Matte Green serta Metallic Red.

Lantas, apa saja kelebihan dari Yamaha Nmax 2023 sebagai skutik premium? Berikut beberapa kelebihannya:

– Fitur Teknologi Connected

Fitur akses informasi motor dari smartphone. Yamaha Nmax untuk tipe teratas dibekali teknologi cerdas Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect), yang memungkinkan pengendara mengakses informasi motor dari smartphone kamu.

Teknologi ini memuat sejumlah menu soal motor, meliputi: Parking Location, Phone & Message Notification, Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery), Duel Consumption, dan Malfunction Notification.

– Memiliki Fitur Functional yang Lebih Beragam

Teknologi lainnya pada Yamaha Nmax 2023 yakni adanya keyless dengan smart key system untuk mempermudah pengendara. Fitur ini juga dilengkapi menu Immobilizer dan Answer Back System.

Skutik ini juga memiliki fitur mengisi daya ponsel bernama Electric Power Socket serta fitur Stop & Start System untuk membantu mengurangi konsumsi bahan bakar saat motor berhenti.

Untuk membantu handling, Nmax memiliki fitur Traction Control System (TCS) yang mencegah ban belakang selip di semua medan saat akselerasi. Selain itu sistem pengereman dilengkapi teknologi Double Disc Brake dengan Dual Channel Anti-Lock Braking System.

Bagian speedometer motor ini sudah memuat teknologi New Inverted LCD Digital, yang menampilkan informasi seperti eco indicator, kecepatan km/jam, odometer, tachometer, dan jam digital.

– Posisi Berkendara Lebih Santai dan Nyaman

Nmax 2023 merupakan generasi kedua di lini produk Nmax, yang mewarisi desain premium khas skutik Eropa. Oleh karenanya, posisi berkendara yang nyaman dan ruang kaki yang luas masih jadi ciri khas skutik ini.

Desain rangka baru motor ini membuat kualitas dan kenyamanan berkendara semakin meningkat. Belum lagi sasisnya didesain makin aerodinamis untuk membantu manuver yang lebih baik.

– Desain Baru yang Elegan dan Gagah

Mengutamakan penampilan berkelas, Yamaha Nmax 155 generasi 2023 ini memiliki desain yang semakin elegan, termasuk desain headlamp dan lampu belakang yang sudah memakai teknologi LED.

Dimensi motor juga dibuat lebih profesional, dengan ukuran PxLxT 1935 x 740 x 1160 mm. Berat motor bongsor ini mencapai 130 kg untuk tipe Standard dan Connected dan 132 untuk tipe Connected/ABS Version.

Motor ini juga menggunakan velg berukuran 13 inci dengan ban lebar 110/70 – 13 M/C 48P (depan) dan 130/70 – 13 M/C 63P (belakang) yang memberikan pengendalian motor lebih stabil.

Kekurangan Yamaha Nmax 2023

Meski memiliki sejumlah keunggulan, namun perlu dipertimbangkan pula kekurangan Yamaha Nmax sehingga hadirnya varian Turbo seolah menyempurnakan lini produk di kelasnya.

– Joknya Terlalu Lebar

Jok yang terlalu lebar membuat pengendara yang memiliki tinggi badan di bawah 170 cm akan kesulitan saat menyangga motor, alias harus menjinjitkan kaki. Oleh karena itu, jika tetap ingin membeli motor ini disarankan untuk menggunakan jok yang sudah dikelupas atau shock-breaker yang sudah dipotong.

– Torsi menurun dibanding Nmax lama

Mesin Nmax generasi sebelumnya mampu menghasilkan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm, sedangkan Nmax versi 2023 hanya mampu menghasilkan torsi 13,9 Nm. Ini menandakan adanya penurunan sekitar 0,5 Nm.

Penyesuaian torsi ini dilakukan pada Nmax 2023 agar saat berakselerasi tidak terlalu tersentak-sentak. Meski begitu, penurunan performa masih terasa terutama untuk tarikan awal. Apalagi, Nmax 2023 memiliki bobot lebih berat sekitar 5 kg.

– Bagasi tidak selebar Honda PCX

NMax memiliki bagasi yang mampu menampung helm full face, tetapi sebenarnya masih kalah dari Honda PCX 160. Kapasitas bagasi Nmax 2023 hanya 24 liter, sedangkan Honda PCX 150 menampung hingga 30 liter.

Selain itu, cara memasukkan helm ke bagasi Yamaha Nmax juga harus dibalik, yang tentunya akan terasa tidak nyaman karena bagian belakang helm bakal menyentuh lantai bagasi dan berpotensi lecet.

– Tidak ada fitur alarm

Yamaha Nmax tidak memiliki fitur alarm di semua varian yang ada. Hal ini dianggap sebagai kekurangan jika dibandingkan Honda PCX sudah dilengkapi dengan fitur ini. Di era saat ini, alarm sangat krusial karena bisa memberi rasa aman pemiliknya.

– Tangki bensin lebih kecil dibanding kompetitornya

Kekurangan Yamaha Nmax selanjutnya terletak pada tangki bensinnya yang masih kalah ukuran dengan Honda PCX. Meski sudah diperbesar dari 6,6 liter menjadi 7,1 liter, tetapi kapasitas tangkinya masih lebih kecil dibanding skutik bongsor andalan Honda yang berkapasitas hingga 8 liter.

Update Harga Yamaha Nmax 2023

Yamaha Nmax 2023 memiliki tiga varian yang masing-masing harganya di kisaran Rp30 jutaan, yakni All New Nmax 155 Connected ABS seharga Rp 35.750.000, All New Nmax 155 Connected seharga Rp 32.875.000 dan All New Nmax 155 dibanderol sekitar Rp 31.615.000.

Namun karena Yamaha sendiri sudah menghentikan produksi Nmax lawas ini setelah hadirnya versi Turbo, maka unit baru akan sangat langka didapatkan. Jadi, kamu mungkin hanya bisa mendapatkannya di pasar bekas.

Dilansir dari OLX, harga bekas Yamaha Nmax 2023 untuk area DKI Jakarta berkisar antara Rp26.000.000 hingga Rp28.950.000.