Nasdem Bisa Mendukung Prabowo-Gibran Menurut Banyak Indikasi – Waspada Online

by -90 Views

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, menyatakan bahwa Partai Nasdem hampir pasti akan masuk ke dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ujang melihat bahwa pertemuan antara Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, dengan Prabowo sebagai presiden terpilih kemarin hanya merupakan salah satu tanda bahwa Nasdem akan mendukung pemerintahan.

“Sebelum pertemuan antara Surya Paloh dengan Prabowo, Surya Paloh juga sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di istana. Di mana Jokowi berjanji akan memediasi antara Prabowo-Gibran dengan partai-partai,” kata Ujang, Sabtu (23/3/2024).

Menurut Ujang, Prabowo-Gibran telah membuka pintu lebar bagi Nasdem untuk berpartisipasi dalam mendukung pemerintahan. Sekarang Nasdem harus memutuskan apakah akan kembali menjadi bagian dari pemerintahan atau mencoba menjadi oposisi.

“Saya melihat bahwa Nasdem kemungkinan besar akan bergabung dalam pemerintahan Prabowo-Gibran,” ujar Ujang.

Selain pertemuan antara Jokowi-Surya Paloh dan Surya Paloh-Prabowo, Ujang juga melihat bahwa Partai Nasdem tidak terlalu responsif terhadap wacana hak angket yang diajukan oleh PDIP. Bahkan, Nasdem menjadi partai di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) pertama yang mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024, meskipun proses Pemilu masih harus melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ada empat indikasi bahwa Nasdem akan bergabung dengan Prabowo-Gibran. Pertama, pertemuan Jokowi-Surya Paloh. Kedua, tidak mendukung hak angket. Ketiga, menerima hasil Pemilu dan mengucapkan selamat kepada Prabowo. Dan terakhir, pertemuan Surya Paloh dengan Prabowo. Ini adalah rangkaian tanda-tanda,” tambah Ujang.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto mengunjungi Nasdem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2024) siang. Dia disambut oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan karpet merah.

Dalam pantauan Republika.co.id, Prabowo tiba di Nasdem Tower sekitar pukul 13.36 WIB. Surya Paloh menyambutnya dengan ramah dan berpelukan. Sejumlah elite Partai Nasdem juga turut menyambut Prabowo. Di antara elite Partai Nasdem adalah Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni, Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya, dan Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa. Juga terlihat politisi Partai Nasdem Victor Laiskodat.

Dari pihak Prabowo, ia didampingi oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco. Mereka bersama-sama memasuki gedung Nasdem Tower di atas karpet merah. Suasana sambutan terhadap Prabowo tampak hangat dengan diiringi musik band. (wol/republika/eko/d1)