Mari Kita Lanjutkan dengan Kepemimpinan Jokowi yang Baik

by -103 Views

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyatakan akan tetap mendukung Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Menurut mereka, membangun IKN adalah utang sejarah yang harus dituntaskan.

Jubir Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Yusuf Lakaseng, menanggapi pernyataan PKS dan capres-cawapres Anies-Muhaimin yang menolak Pembangunan IKN jelang Pilpres 2024. Menurut Yusuf, pernyataan tersebut bertujuan untuk menjelaskan bahwa Ganjar-Mahfud tidak bertentangan dengan Jokowi dalam hal pembangunan IKN.

Pemindahan ibu kota sudah digagas sejak tahun 1957 oleh Presiden Soekarno, namun gagasan tersebut tidak terealisasi. Bahkan pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, skenario membangun ibu kota baru juga telah digagas. Menurut Yusuf, pembangunan IKN penting untuk menciptakan keseimbangan dalam pembangunan serta menjadi simbol Indonesia yang futuristik.

Menurut Yusuf, Pembangunan IKN di Penajam Paser Utara juga akan memberi dampak ekonomi bagi wilayah di Indonesia Timur. Ia juga menyatakan bahwa daerah Sulawesi Tengah telah menyiapkan diri sebagai daerah penyangga ibu kota.