Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Bermitra dengan Apindo untuk Mengkolaborasikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Usaha Besar dan Menengah (UBM)

by -133 Views

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Melalui kerja sama ini, UMKM akan bekerja sama dengan Usaha Besar dan Menengah (UBM). UMKM juga akan mendapatkan berbagai manfaat seperti pelatihan, akses perbankan, pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR), dan magang di UBM, didukung oleh aplikasi SIMITRA.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) Sumut, Naslindo Sirait, berharap kerjasama ini akan memberikan akses pasar yang lebih luas dan pengembangan kapasitas usaha.

“Kami percaya bahwa kolaborasi ini membuka peluang baru bagi UMKM untuk mengadopsi teknologi aplikasi, meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka, serta membantu mereka memasuki pasar yang lebih luas,” kata Naslindo, di Kantor Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Apindo Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Minggu (19/11).

Naslindo mengatakan, melalui kerja sama ini, dapat mengatasi masalah yang dihadapi UMKM saat ini, seperti pasar, permodalan, atau bahan baku. Walau begitu, menurutnya, ini bukan pekerjaan mudah karena melibatkan dua pihak yang notabene adalah pengusaha.

“Ini bukan pekerjaan yang mudah karena kolaborasi terjadi jika ada kerelaan dari dua belah pihak,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Naslindo, kerja sama ini, juga memungkinkan produk atau jasa UMKM dan UBM lebih efisien dari hulu ke hilir. Ini juga akan mempermudah pendataan bagi Pemprov Sumut, sehingga bisa mengeluarkan kebijakan yang tepat.

“Dengan adanya kerja sama ini, kita akan bisa membuat kluster-kluster sesuai dengan jenis usaha, selanjutnya kami akan melakukan pendataan dan akan melibatkan seluruh stakeholder,” pungkasnya. (wol/man/d1)

Editor AGUS UTAMA